Cuti nya seorang PNS ( Trip Murah meriah ala Civil Servant at Phuket )

holaaa, saya lanya, saya adalah seorang Pegawai Negri Sipil Daerah Kota Bekasi, sebagai seorang PNS ,yang kita tahu pendapatan nya tidak begitu se fantastis penghasilan para artis atau selebgram yang ada di Indonesia, hehehe... penghasilan seorang PNS bisa dibilang yaa cukup lah yaahhh, disaat mau beli emas uang nya cukup, disaat mau beli mobil baru sama rumah di cluster ya uang nya cukup, atau bahkan disaat kita mau jalan - jalan keliling eropa ya uang akomodasi dan uang jajan disana nya juga cukup. ahahahahha, no no i'm just kidding... saya tidak akan menceritakan mengenai penghasilan para pegawai negri sipil disini, karena tidak semua pegawai negeri sipil berkehidupan cukup, banyak juga dari para pegawai negri sipil yang hidup nya mewah, bias saja mereka memiliki bisnis orang tua yang masih mereka jalankan sebagai sampingan, atau kebalikan nya mereka punya bisnis keluarga yang sudah maju namun status nya sebagai pegawai negri sipil yang menjadi sampingan mereka. but I will not gonna tell you about them, I will tell you about my first "cuti " setelah 8 tahun menjadi pegawai negri sipil.
         well saya mau cerita sedikit mengenai alasan saya mengambil cuti untuk pertama kalinya setelah 8 tahun menjadi pegawai negri sipil,alasan nya adalah suami saya ingin memberikan sedikit penghargaan untuk ulang tahun pernikahan kami yang ke enam tahun, jadi kami memutuskan untuk mengambil cuti selama delapan hari, dari jumlah maximal 11 hari yang bisa kita ambil dalam setahun.so, saya mau sedikit cerita dan kasih informasi atau travel tips untuk kamu - kamu para pegawai negri sipil atau siapa pun yang ingin sedikit liburan anniversary murah meriah ala kami pegawai negri sipil, hope you enjoy it..

A. Tentukan Tujuan Liburan Kalian

our Bagage, ofcourse the bigger one is mine ;)

Untuk Tujuan kami kemarin, kita memilih Phuket untuk yang kedua kalinya selama menikah, karena kami ingin pergi ke pantai tapi tetap keluar negri, karena ke Miami beach belum memungkinkan, so Phuket adalah pilihan yang tepat buat kita. selain itu gak tau kenapa Phuket selalu membuat saya rindu untuk kembali kesana. suasana damai Phuket selalu memiliki cerita dan it's always feels like home aja kalua kesana

B. Buat itinery perjalanan kalian
    kmarin kami menentukan stay di Phatong Beach Phuket Thailand selama lima hari empat malam, dan inilah kegiatan kami dari hari pertama sampai hari ke empat.

a. day 1 ( 16 Juli 2018 )

Kami erangkat tgl 16 Juli 2018 dengan pesawat Malaysia air, dengan hitungan tiket yang sudah kami beli enam bulan sebelum keberangkatan fasilitas yang kami dapatkan yahh lumayan, kita bisa charge handphone, nonton tv dan playing game. Tiket yang kami beli harganya RP 600.000,- PP untuk 1 orang ( murah bukan… hehehe )

transit di Kuala lumpur international air port selama 6 jam, waktu yang cukup lumayan untuk stay di airport, awalnya kita bingung mau ngapain yah enam jam di airport, sempat terpikir untuk pergi ke twin tower di Kuala Lumpur, tapi kita mengurungkan niat karna waktu yang kita hitung - hitung sepertinya mepet, dan yang pertama kali syaa lakukan untuk membunuh waktu adalah :
  •  minta password wifi ke resepsionis, hehehe,
  •  awalnya kita liat - liat tempat refleksi atau hotel transit untuk sebentar aja ngelurusin kali, but rata-rata mahal bgt refleksi nya bsa sampai 400rb an kalaui rupiahin cuma pijit kaki sejam, trus hotel transit nya 700 rb an cuma enam jam an.
  • tapi berkat sinyal wifi yang kenceng jadi saya googling tulisan - tulisan orang ttg yg biasanya orang lain lakukan di Kuala lumpur international airport disaat transit, dan akhirnya saya menemukan jungle boardwalk yang ada di dalam KLIA,  dimana ada hutan kecil di dalam airport, wahhhh senang nya bukan main, karena kita gak perlu repot - repot keluar airport untuk membunuh waktu, hhmm jungle board walk sih bagus yah, tapi pas kita jalan - jalan kedalam hutan  nya, yah paling bertahan 15 menitan lah, dikarenakan didalam itu banyak sekali burung - burung yang terbang bebas, dan di dalam nya banyak sekali kotoran burung, jadi kita gak akan terlalu nyaman juga ada di dalamnya. setelah jungle broadwalk,
Junggle Board Walk
  •  kita coba cari tempat makan yang sedikit nyaman untuk berleha - leha, lalu sehabis itu kita mencari kursi pijit 2 ringgit, dan ini sangat membantu karena kita sudah mulai kelelahan berjalan memutari KLIA.
  • Kita coba liat - liat took yang ada di KLIA dan ternyata dapat beberapa barang - barang lucu dan murah disana.
I Got this cute minnie Lipbalm at KLIA Store

WELCOME TO PHUKET INTERNATIONAL AIRPORT

Setelah enam jam transit sampai lah kita di Phuket International airport tepat pukul 14.00 waktu setempat.

Hotel tempat kami menginap lokasi nya cukup strategis dan terhitung murah, harganya sekitar 400 ribu jika dirupiahkan, untuk fasilitas lumayan lah ada kolam renangnya, untuk kamar tdk terlalu luas sih, tapi ada balcon nya walau alakadarnya, hehehe hanya butuh 2 menit untuk pergi ke phatong beach nya, yah walaupun phatong beach sekarang sudah ramai sekali, tapi untuk watersport lumayan lah.

PATONG BEACH

Patong Beach

2. day 2 ( 17 Juli 2018 )

Breakfast

hari ke dua diawali dengan sarapan pagi di hotel yang persis bgt dipinggir jalan dan berhadapan langsung sama phatong beach, such a nice view and a good place yah buat hotel yang murah banget, emang sengaja gak mau yg terlalu bagus juga ( padahal emang ngirit ahhahha)  yang penting deket sama pantai, toh cuma buat numpang tidur aja, kecuali kalau bawa anak-anak oke lah kita upgrade lagi soal hotelnya. setelah sarapan pagi saya dan suami jalan - jalan keliling phatong beach dengan memakai motor sewaan yang ada dibelakang hotel, untuk motor N-Max kita bayar sekitar 150 ribu rupiah selama 24 jaman, cara minjam motor di Phuket gampang banget, kita tinggal pilih mau motor apa dengan beragam harga sewanya perhari, trus kita kasih passport kita sebagai jaminan ke mereka, bensin motor pun di isi full sama mereka. sehabis muter - muter di sekitar phatong kita mampir ke Hard Rock Café PHUKET buat cari souvenir atau oleh - oleh.

a. Paradise Beach

Dikarenakan Phatong beach menurut saya saat itu lumayan ramai jadi saya memutuskan untuk pergi ke pantai lain yang ada di sekitar phatong juga, hanya saja sedikit naik keatas, yaitu ke paradise beach, paradise beach adalah private beach, jadi jika kita ingin masuk kesana kita harus membeli tiket seharga 30 ribu perorangnya, dan jika kita ingin menyewa tempat yang ada Kasur dan payungnya kita harus mengeluarkan lagi uang sekitar 50.000 untuk sehari. kalua menurut saya jumlah uang yang harus kita keluarkan di paradise beach itu sangat - sangat worth it dibandingkan dengan pantai yang sangat sepi dan bersih yang bisa kita nikmati disana. café tempat makan disana pun terhitung murah, contohnya saja sandwich yang sangat besar hanya seharga 35.000 an.

Dipantai itu pun banyak sekali spot spot foto yang instagramable sekali, ditambah lagi kita seakan - akan menjadi pemilik dari pantai itu, heheheh dikarena kan sangat sepi orang yang dating, dan tentu saja pantai itu sangat - sangat bersih sekali. oia pada hari kedua ini kami hanya benar- benar di paradise beach dikarenakan tidak mungkin kita mengambil paketan ke jim bon island atau semacamnya, dikarenakan cuaca di Phuket saat itu sangat tidak memungkinkan untuk kita mengambil kegiatan di laut, dikarenakan oleh badai yang tidak kunjung henti menghantam Phuket.

3. day 3 ( 18 Juli 2018 )

pukul 9 pagi saya dan suami sudah bergegas mengelilingi Phuket dengan motor sewaan sampai lah kita di beberapa destinasi berikut ini :

a. Surf House Patong

Surf House Patong ini adanya di pinggir jalan sekitar patong beach di Phuket, karena jalanan nya one oway jadi pasti ketemu sama surf house patong ini, untuk alamat detail nya saya tidak tahu, heheh tapi tempatnya ini dipinggir jalan patong beach kok, tips buat kalian yang mau coba surfing tapi bukan langsung di pantai nya bias coba latihan surfing du surf house patong ini, karena disana kita dilatih oleh pelatih yang sudah disediakan disana. sekedar tips saja kalua mau kesana kalian harus memakai pakaian seperti pakaian surfing, dan tidak boleh memakai pakaian yang ada kancing, sleting, dan semacam nya, dikarenakan kita akan surfing diatas balon besar dengan air yang seperti ombak. harga yang harus dikeluarkan apabila ingin surfing disana selama satu jam adalah sebesar 500 ribuan, tetapi jika kita dating sekitar jam 10 -11 kita mendapatkan harga diskon yaitu sekitar 250 ribuan, lumayan kan.

b. Paradise Beach

hari ini saya dan suami memutuskan kembali lagi ke paradise beach untuk snorkling setelah dari surfing, seharian kita habiskan di paradise beach, dan syukurnya cuaca hari itu cukup mendukung untuk kita bermain di pantai seharian. saya sarankan kalian coba untuk mengunjungi
 c. patong beach walk

pada malam hari kami menghabiskan waktu di patong beach walk, sekedar cari - cari pernak - Pernik murah untuk oleh - oleh, but FYI kalua mau bawa anak - anak kedaerah sini hati - hati ya jangan masuk ke salah satu gang yang isi nya banyak menjajankan wanita - wanita berpakaian seksi sedang menari - nari di sebuah bar, dikarenakan dari pinggir jalan saja kita sudah bias melihat tarian - tarian yang sedikit eksotis itu, hehhee oia untuk barang - barang yang di jual di patong walk beach itu sangat beragam, walalupun kalua menurut saya biasa - biasa aja sih barang - barang yang dijual disana, paling yang lumayan adalah celana boxer untuk muay thai ada yang untuk dewasa dan anak -anak, kaos - kaos bertuliskan Phuket, dan yang lumayan saya suka adalah gelang kaki dan gelang tangan khas Phuket bias kamu beli disana sebagai oleh - oleh, yah untuk harga sih beragam, tapi jangan lupa pakai kalkulator dan ditawar sewajarnya dulu ya sebelum membeli.

ini dia salah stu oleh - oleh yang sebenrnya ujung - ujung nya di pake sendiri heheh...

4. day 4 ( 19 Juli 2018 )

a. Phuket Fantasea

wuaahhhhhhh ini yang paling seru, kali ini adalah kali ketiga sayaphuket, dan biasanya kita kalau ke Phuket maen di kegiatan di laut, misalnya ke jim bon island, atau ke maya beach tempat dimana shooting film the beach nya Leonardo DiCaprio, hehhe but, berhubung semua kegiatan di Laut itu tidak disarankan oleh pihak penyedia pariwisata di Phuket, jadinya saya dan suami memilih kegiatan yang aman - aman aja, memang dasar rejeki, waktu sampainya kita di airport Phuket waktu mau pesan taxi dari bandara ke hotel kita ditawarin sama salah satu agen perjalanan hotel gitu untuk dating ke presentasi perusahaan mereka, eh kok dilalahnya kita dapat voucher gratis masuk ke Phuket Fantasea. awalnya saya dan suami biasa saja, bahkan sedikit kurang tertarik sebenarnya, tetapi dikarenakan gratisan jadi ya sudah kita bersyukur saja. Untuk pergi ke Phuket Fantase kami di jemput oleh pihak travel ke hotel tempat kami tinggal, jadi benar - benar tinggal bawa badan dan tinggal duduk saja hehehe. alhamdulilah.

sesampainya di Phuket fantasea saya sudah dibuat takjub oleh bangunannya yang sangat megah, suasana negara Thailand nya sangat kental dibuktikan dengan pemilihan bangunan nya yang syarat akan ke khas an Thailand, aahh rasanya saya ingin mengambil foto di setiap sudut dari bangunan itu. lalu setelah saya masuk kedalam Phuket Fantasea dan kalau bisa saya gambarkan kurang lebih nya seperti mini dufan, hanya saja disana tidak ada wahana permainannya, hanya ada toko - toko yang menjajakan beragam pernak - Pernik yang bisa menjadi buah tangan kita. sesampainya disana kita tidak hanya diberikan tiket masuk gratis, tetapi juga kita dapat voucher makan malam gratis The Golden Kinnaree Buffet Restaurant di dalam Phuket Fantasea, belum selesai saya mengagumi kemegahan toko - toko yang ada didalam, saya sudah tercengang dengan kemegahan tempat kita makan malam, wahhh benar - benar keren, rumah makan terluas yang pernah saya datangi, dan buat kalian yang beragama muslim , tenang saja disana mereka menyediakan buffet khusus muslim yang menyediakan makanan Halal. selain makanan nya yang lumayan enak kalau menurut saya kita juga dimanjakan dengan suasana yang indah khas Thailand, selain itu juga ada panggung Utama yang menyuguhkan pertunjukan khas Thailand.

setelah perut kenyang terisi kita beranjak ke salah satu gedung dimana tempat pertunjukan dari Phuket Fantase itu sendiri, sebelum acara mulai kita dapat menaiki gajah yang ada disana, tapi saya tidak tau berapa harga nya karena tidak berani menaikinya. beberapa menit sebelum pertunjukan dimulai saya dan suami beranjak ke loket masuk gedung pertunjukannya, tetapi anehnya kita todak boleh membawa Hand Phone pada saat acara dimulai.

C. Jangan Lupa Things

*  Jangan lupa bawa obat - obatan keperluan kamu

Duhhh saya gak tau lagi rasanya kalua sekarang berpergian gak si botol kecil ini di dalam tas, ini bukan paid promote yahh… tapi beneran deh oil ini ajaib banget buat ngilangin rasa mual atau jet lag satu lagi yang selalu aku bawa kalua berpergian yaitu peppermint dan digize, jaga - jaga aja kalau masuk angin, karena tujuan kita main di pantai. atau mungkin kamu bisa bawa antangin sachet atau minyak kayu putih dan obat - obatan sesuai dengan keperluan kalian.

* Jangan lupa bawa Kecap dan Saos

Nah yang satu ini juga jangan permah lupa kalian bawa disaat kalian berpergian keluar Indonesia, apalagi kalau ke Phuket, ini barang kudu musti wajib dibawa. dikarenakan kalau disana kan kita seringnya makan seafood, dan di sana tidak menyediakan chili sauce, dimana sejatinya lidah orang Indonesia apa - apa harus pakai saos  seperti saya, hehehe dan juga suami kalau makan ikan bakar pasti harus pakai kecap, dimana kecap yang disediakan di sana berbeda dengan kecap yang biasa kita konsumsi di indo.

* Jangan Lupa Cobain Pineapple fried rice

Kalau yang ini si rekomendasi saya banget, pokoknya kalau kalian ke Thailand atau k Phuket harus wajib banget yang namanya cobain nasi goreng nanas buatan sana, kalo buat saya sih ini enaaakkkkkk banget, jadi nasi goreng yang sebenernya seperti nasi kebuli karena pakai bumbu curry tapi ada banyak element kejutan didalam nasi gorengnya itu sendiri, diantara nya disaat kita kunyah nasi goreng nya, tiba - tiba didalam nya ada kismis dan kacang mette nya, pokonyaaaa nikmaatttt bgt deh, pineapple fried rice ini bisa jadi salah satu pilihan buat kalian yang mau kulineran di sana, selain Manggo sticky Rice.

Kesimpulan nya, mau kamu PNS atau bukan tapi mau menfaatkan jatah cuti tahunan kamu sekitar 5 harian dan go on a vacation yang murah meriah, going to Phuket bisa dijadikan pilihan. 4 jutaan udah bisa buat jalan berdua selama 5 hari 4 malam. dan perjalanan kemaren kita backpackeran aja gak pake travel apa - apa sendiri, gampang kok… semoga ada hal - hal yang sifatnya informatif yang bisa kalian ambil dari tulisan ini… sayonara... khapunkhaappp….