Kelola Rasa Kecewa mu

- Kelola Rasa Kecewa mu -

setiap orang saya rasa memiliki pencapaian di dalam hidup nya, baik itu didalam kisah cintanya, didalam karier, ataupun dilingkungan sehari - hari nya. Dan disaat kenyataan tidak sesuai dengan keinginan, terkadang membuat kita merasa bahwa hidup ini tidak adil, disaat hasil yang kita dapat tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah kita lalui, kadang kita memilih mengutuk semua keadaan yang sudah terjadi dan terus terlarut didalam kesedihan dan bertanya harus sekeras apalagi kita berdoa agar segala keinginan kita ini tercapai. kecewa tidak dapat lagi terelakan jika sudah begini, tetapi apakah dengan kecewa, dan meluapkan semua amarah akan mengubah keadaan yang sudah terjadi ,.?!
Stop blaming others or blaming ur self for what happened, cobalah untuk tidak mencari pembenaran dengan menyalahkan semua yang telah terjadi kepada orang lain atau diri sendiri. berhentilah mengkonsumsi self limiting statements dengan membatasi diri sendiri, kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak bisa,.?! lakukan semuanya dengan cara kita sendiri.
self awareness merupakan ketajaman persepsi dan observasi terhadap diri sendiri,kadang kita memang harus berubah, bukan untuk tidak menjadi diri sendiri, tetapi untuk menjadi diri kita yang memiliki kualitas lebih baik dari sebelumnya.
misalnya di dunia pekerjaan, disaat kita merasa bahwa kita sudah memiliki nilai karena sudah bekerja semaksimal mungkin tetapi ternyata hal itu sama sekali tidak berarti dihadapan pimpinan, bahkan rasanya kita jauh dr kata pantas untuk mendapatkan penghargaan, disaat itulah hanya kita yg bsa menyemangati diri sendiri, karena kita tidak dapat sedikitpun merubah keadaan, tp yg bisa kita rubah adalah cara kita menyikapinya. Yang kita hadapi adalah diri kita sendiri, mau tetap larut dengan penolakan, pembenaran diri, dan hal negatif lain nyaatau berani menerima semuanya dengan mengelola rasa kecewa itu sendiri.
Bagaimana caranya mengelola rasa kecewa,.?!
1. berdamai dengan diri sendiri
2. menerima keadaan
3. jangan mencari pembenaran diri
4. memaklumi sistem yang ada
5. introspeksi diri
6. jangan bandingkan diri kita dengan siapapun
7. ubah, tentukan dan atur pola pikir
8. kembali jalani kenyataan
9. semangat baru ❤️
jika saat ini kita sedang mengalami suatu hal yang mengecewakan, dan semua yang terjadi tidak sesuai dengan yang kita harapkan, pertama yang bisa kita lakukan adalah mengakui bahwa ini semua di luar batas kemampuan kita untuk menentukan apa - apa yang terjadi didalam hidup kita. apa yang menurut kita terbaik belum tentu menjadi yang terbaik dimata Tuhan. karena selalu ada rahasia Tuhan dibalik setiap peristiwa didalam hidup kita.
Jika kita berfikir dari kacamata manusia, yang muncul hanyalah pembenaran. bahwa kita merasa sudah melakukan yang terbaik dan menilai diri kita sudah sangat pantas mendapatkan apa yang kita inginkan. kita lupa melihat dari sisi Tuhan, bahwa segala yang telah terjadi adalah ketetapan Nya.
jika anda sudah pada tahap berserah diri akan semua peristiwan yang Tuhan berikan, cobalah berprasangka baik akan ketetapan Tuhan. setelah itu yang harus kita lakukan adalah menentukan bagaimana cara kita menyikapi rasa kecewa itu sendiri. cara pandang kita pun terhadap suatu masalah akan sangat berperan penting didalam proses ini. mulailah menentukan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya, pilihan - pilihan akan bermunculan, dan semua nya tergantung pada diri kita sendiri.
jika kita ingin kembali bahagia ditengah segala kekecewaan atau kepedihan yang terjadi, cobalah kelola rasa kecewa dan sedih itu menjadi sebuah energi. energi yang bisa kita gunakan untuk membangun kembali mimpi dan tujuan - tujuan kita didalam kehidupan. langkah pertama adalah merubah rasa kecewa dengan rasa syukur, cobalah bersyukur sekali sebelum kita mengeluh berkali - kali. olah cara berfikir anda, jika kita dapat mengambil pelajaran dari sebuah permasalahan yang terjadi, sehingga kita menjadi orang yang lebih baik setelah itu, maka disitulah keberhasilan didalam diri kita yang sesungguhnya.
jangan bersedih jika Tuhan beri kita permasalahan didalam hidup karena itu tidak akan selamanya. Jangan juga terlena akan kebahagiaan yang terjadi karena itupun mungkin tidak berjalan lama. Tuhan menguji kita tidak selalu didalam bentuk kesedihan, tapi juga bisa dalam wujud kebahagiaan. nikmatilah setiap proses pendewasaan didalam kehidupan, hati dan pikiran kita yang kendalikan, bahagia itu tidak selamanya harus dicari,terkadang harus diciptakan.
besar harapan saya setelah anda membaca tulisan ini, dengan apapun keadaan anda baik itu sedang bahagia atau didalam sebuah rasa kecewa, tulisan ini dapat menjadi awal dari terbentuknya energi didalam diri anda untuk kembali membangun mimpi dan menyusun kembali harapan - harapan yang anda inginkan didalam hidup anda. Dan jadilah pribadi yang selalu bahagia. ❤❤❤

Comments

Popular Posts